Menghitung Masa Subur Dengan Siklus Haid

Mengetahui masa subur wanita setelah menstruasi penting untuk diketahui bagi seorang wanita atau istri yang menginginkan sebuah kehamilan. Masa subur merupakan kunci dari seorang wanita untuk mendapatkan kehamilan yang diinginkannya saat melakukan aktivitas seksual dengan pasangan anda. Masa subur seorang wanita dilandasi dengan adanya pengaruh hormon yang dimiliki seorang wanita yakni hormon progesteron dan estrogen yang terdapat didalam tubuh wanita. Tanda atau gejala saat menjelang datangnya masa subur wanita setelah masa menstruasi, adalah :

1. Mengalami perubahan pada suhu tubuh wanita menjadi sedikit meningkat yang artinya terjadi ovulasi atau pelepasan sel telur ke saluran telur.

Suhu normal tubuh biasanya 35,5-36 derajat celsius. Pada waktu ovulasi suhu akan turun dahulu dan kemudian naik kembali mencapai pada suhu 35 derajat celsius, kondisi kenaikan suhu basal tubuh ini akan terus terjadi sekitar 3-4 hari. Kemudian akan turun kembali sekitar 2 derajat celsius karena produksi progesteron menurun, sehingga suhu tubuh pun turun, dan akhirnya kembali pada suhu tubuh normal, seperti sebelum menstruasi terjadi.

Gambar : Contoh kurva untuk mengukur suhu basal tubuh.

2. Terjadi peningkatan jumlah sekresi pada lendir serviks.

Dapat dilihat dengan menggunakan tes jari, cirinya : bila lendir serviks keluar tidak mudah terputus jika dipegang, dan terasa lengket, kenyal seperti agar-agar. Jika dilihat dengan menggunakan gelas mikroskop. Lendir yang terjadi ketika masa subur akan terlihat seperti bentuk daun pakis.

Contoh lendir serviks ketika masa subur

3. Terasa sedikit nyeri pada bagian perut, terkadang tidak terasa karena terjadi pelepasan sel telur, serta perubahan pada bentuk dan kelenturan payudara, payudara terasa seperti berkedut atau menggelenyar.

Menghitung masa subur dengan sistem kalenderis

Jika semua tanda atau indikator tersebut tidak dapat anda rasakan, maka anda dapat melakukan perhitungan masa subur dengan sitem kalender. Kunci yang pertama adalah anda harus mengetahui terlebih dahulu kapan hari pertama anda mengalami menstruasi pada bulan ini.

Contoh : Anda mengalami menstruasi pada tanggal 1 dengan siklus menstruasi normal 28 hari, maka masa subur anda pada hari ke-12 sampai ke-16 dihitung mulai dari awal menstruasi.

Gambar : Contoh catatan kalenderis masa menstruasi dan masa subur qanita yang jatuh pada tanggal 12-16

Bila masa subur sudah diketahui maka anda dan pasangan dapat melakukan hubungan seksual pada saat masa subur wanita sedang berlangsung yang memungkinkan terjadinya kehamilan.

Namun pada sebaian wanita ada yang tidak mengerti dan memahami cara menghitung masa subur dengan menggunakan sistem kalender, mereka pada wanita pada umumnya menggunakan testpack atau alat uji kehamilan yang banyak dijual bebas dipasaran yang dengan mudah didapatkan pada toko obat atau apotik, atau dengan melakukan pemeriksaan dengan dokter.

CARA PEMESANAN OVUTEST SCOPE

Alat Uji Masa Subur Ovutest Scope Cukup Satu Alat Untuk Seumur Hidup! Hasil 98% Akurat dan Cepat, Lebih Praktis Hanya Dengan Air Liur

Ovutest Scope Alat Penghitung Masa Subur

Cara baru untuk mengetahui uji masa subur, cukup satu alat untuk seumur hidup! Untuk Merencanakan Atau Menunda Kehamilan

Harga 1 Box Ovutest Scope dilengkapi dengan : 1 alat Ovutest Scope, Baterei, Kain, Buku Petunjuk  = Rp.265.000,-

Cara Pemesanan Ovutest Scope:

SMS ke 0852-1617-3280, tuliskan : Pesan Ovutest Scope Jumlah Box, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa


=====================================

>>> Alat Uji Masa Subur Ovutest Scope, Cukup Satu Alat Untuk Seumur Hidup! Hasil 98% Akurat dan Cepat, Lebih Praktis Hanya Dengan Air Liur, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Cara Menghitung Masa Subur and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.