Cara Menghitung Masa Subur

Setiap wanita yang menginginkan kehamilan pastinya haruslah mengetahui masa subur setelah menstruasi. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui masa subur seorang wanita ketika dirinya dan pasangan menginginkan sebuah kehamilan dengan menggunakan alat kontrasepsi. Salah satu cara efektif untuk mengetahui masa subur seorang wanita adalah dengan melakukan test masa subur atau menghitung masa subur wanita yang memunginkan dirinya untuk dapat hamil.

Untuk mengetahui lebih pasti cara menghitung masa subur yang terjadi antara hari ke-13 sampai hari ke-15 sebelum masa menstruasi datang kembali berikutnya. Untuk mendapatkan atau mengetahui lebih pasti kapan masa subur wanita, dengan cara mencatat setiap siklus menstruasi yang dialaminya setiap bulan dengan catatan kalender tersebut anda dapat mengetahui kapan masa subur wanita tiba. Umumnya siklus menstruasi yang normal berkisar antara 25-28 hari.

Sebagai contoh :

- Jika anda mengalami menstruasi akhir pada tanggal 1 dan siklus menstruasi anda adalah 28 hari, makan menstruasi berikutnya jatuh pada tanggal 29. Maka masa subur anda pada tanggal 14 dengan rumus (29-15), dan masa subur berikutnya pada tanggal 16 dengan rumus (29-13).

- Jika anda mengalami menstruasi terakhir pada tanggal 3 dan siklus menstruasi anda 25 hari, maka menstruasi berikutnya jatuh pada tanggal 28. Maka masa subur anda adalah tanggal 13 (28-15) dan masa subur berikutnya tanggal 15 (28-13).

Setiap tanggal masa subur seorang wanita dihitung dengan jarak (2 hari setelah hari pertama masa subur) contoh masa subur pertama jatuh pada tanggal 14 dan kemudian masa subur berikutnya jatuh pada tanggal 16. Mengapa demikian karena pertahanan sperma pada rahim wanita hanya 2 hari, dan disarankan pasangan suami-istri melakukan hubungan intim pada H-2 atau H+2 dari perkiraan tanggal masa subur tersebut.

Gambar : Contoh catatan menstruasi untuk mengetahui masa subur wanita

Sebenarnya masa subur bisa dilakukan melalui perhitungan siklus menstruasi. Masa subur akan amat mudah terlacak jika menstruasi kita selalu teratur setiap bulannya. Siklus yang normal, berjalan antara 28-30 hari, Bila siklus menstruasi teratur 28 hari :

- Hari pertama dalam siklus menstruasi sebagai hari ke-1.
– Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke-16 dalam siklus menstruasi.

Rumus untuk menghitung masa subur :

- Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18
– Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Contoh :

Seorang wanita mendapat menstruasi dengan keadaan : siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari (mulai hari pertama sampai menstruasi berikutnya).

Perhitungannya :

26-18 = 8 dan 32-11 = 21. Jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke-21 dari hari pertama menstruasi.


=====================================

>>> Alat Uji Masa Subur Ovutest Scope, Cukup Satu Alat Untuk Seumur Hidup! Hasil 98% Akurat dan Cepat, Lebih Praktis Hanya Dengan Air Liur, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Menghitung Masa Subur and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>