Cara Menghitung Masa Subur Akurat

Cara Menghitung Masa Subur Akurat – Masa subur merupakan kondisi dimana tubuh wanita mengalami masa ovulasi, sehingga kemungkinan untuk hamil akan lebih besar apabila ada sperma yang masuk ke dalam rahim di masa subur. Masa subur juga cara yang bisa di gunakan untuk menentukan kehamilan dan juga untuk mencegah. Namun, karena masih banyak orang yang tidak mengetahui cara menghitung masa subur akurat sehingga sulit hamil atau pun tidak bisa mencegah kehamilan. Untuk mengetahui cara menghitung masa subur akurat maka harus mengetahui kapan siklus menstruasi dan juga mengetahui proses yang terjadi pada rahim ketika menstruasi dan ketika setelahnya. Untuk mengetahui masa subur maka diperlukan mengetahui waktu menstruasi, karena masa subur berada sebelum dan susah menstruasi. Selain itu wanita yang mengalami masa subur biasanya akan gejalanya atau cirinya sehingga bisa mengetahui masa subur selain menghitungnya juga bisa dengan mengetahui cirinya. Proses kehamilan atau pembuahan wanita akan lebih akurat ketika masa ovulasi, karena sel telur akan bertahan hidup selama 12 jam atau 24 jam maka dari itu masa yang paling baik untuk proses pembuahan.

cara menghitung masa subur

cara menghitung masa subur

Cara Menghitung Masa Subur Akurat

Masa subur setiap wanita berbeda beda karena siklus yang di miliki oleh setiap wanita pun berbeda beda. Ada yang memiliki siklus menstruasi 27 hari dan ada pula yang 35 hari, oleh sebab itu masa subur pun waktunya berbeda beda. Cara menghitung masa subur akurat untuk mencegah kehamilan atau pun ingin hamil bisa di pelajari sehingga akan mendapatkan hasil yang akurat. Di bawah ini beberapa cara menghitung masa subur akurat :

cara menghitung masa subur

cara menghitung masa subur

  • Mengetahui Siklus Menstruasi

Cara menghitung masa subur akurat yang perlu diketahui pertama kali yaitu siklus menstruasi. Mengetahui siklus menstruasi sangat penting karena siklus menstruasi menentukan masa subur terjadi juga. siklus menstruasi bisa diketahui dengan menghitung waktu menstruasi hari pertama sampai hari selanjutnya atau di menstruasi pada bulan berikutnya. Oleh sebab itu cara menghitung masa subur akurat bisa dengan menandai waktu hari pertama menstruasi. Siklus menstruasi wanita pun ada yang panjang dan ada yang pendek, siklus menstruasi bisa 27 hari atau pun 30 hari.

  • Mengetahui Ciri Masa Subur

Cara menghitung masa subur akurat juga bisa dengan mengetahui ciri dari masa subur itu sendiri. Karena jika sedang dalam masa subur maka akan ada tanda dari tubuh untuk menunjukan kondisi tubuh sedang dalam masa ovulasi. Cara menghitung masa subur mengetahui ciri masa subur seperti meningkatnya suhu basal tubuh. suhu basal atau suhu tubuh ketika bangun tidur di saat yang normal 35.5 sampai dengan 36,6 derajat sehingga jika lebih dari suhu normal kemungkinan jika anda sedang memasuki masa subur. Oleh sebab itu cara menghitung masa subur akurat bisa juga dengan mengukur suhu tubuh setelah bangun tidur untuk berapa hari kedepan sehingga bisa mengetahui masa subur akurat.

Proses Siklus Menstruasi Untuk Menentukan Masa Subur

Proses ini di lakukan dengan contoh siklus menstruasi yang 27 hari, di bawah ini proses lebih jelasnya.

  • Hari ke 1 sampai 5

Disaat ini menstruasi sedang berlangsung, peluruhan rahim yang menyebabkan darah menstruasi keluar dari vagina selam satu sampai lima hari. Kondisi hormon pada saat menstruasi akan sangat rendah atau menurun karena tidak terjadi pembuahan suhu badan pun 35,5 – 36,6 derajat yang merupakan suhu normal.

  • Hari ke 6 sampai 7

Pada hari setelah menstruasi atau lebih tepatnya di hari ke enam sampai dengan hari ke tujuh, maka otak yang fungsinya untuk menghasilkan hormon mulai bekerja. Peningkatan hormon di dalam tubuh akan meningkat agar membantu untuk membentuk sel telur di dalam rahim.

  • Hari ke 8

Ketika hari ke delapan hormon mulai meningkat dan juga keadaan rahim yang tipis karena menstruasi mulai menebal kembali untuk mempersiapkan rahim jika ada proses pembuahan sehingga pembuluh darah akan mensuplai darah lebih banyak , sehingga dinding rahim akan lebih tebal.

  • Hari ke 10

Jika berada di hari ke 10 maka yang akan terjadi yaitu mulai ada tanda dari tubuh dengan keluarnya keputihan atau lendir yang normal pekat dan juga lengket teksturnya.

  • Hari ke 12

Pada saat hari ke 12 maka lendir vagina yang awalnya pekat akan lebih bening, tidak lengket atau licin, dan elastis tekturnya. Di hari 12 sudah mendekati masa subur, sehingga jika berhubungan seksual di masa ini bisa membuat sperma bertahan hidup selama 2 sampai 5 hari kurang lebihnya.

  • Hari ke 13

Hormon estrogen yang di hasilkan oleh otak lama kelamaan akan meningkat begitu tinggi di hari ke 13 ini.

  • Hari ke 14

Masa ovulasi atau masa subur tepat berada di hari ke 14 dengan kondisi hormon estrogen yang menurun secara perlahan, dan sel telur akan di lepaskan pada saat ini. Sehingga ada sel telur yang bertahan selama 12 jam sampai 24 jam membuat pembuahan akan berhasil.

  • Hari ke 15 sampai 22

Jika tidak ada pembuahan di hari ini maka masa subur akan berakhir.

  • hari ke 25 sampai 27

keadaan hormon yang semakin menurun jika tidak terjadi pembuahan dan lendir keputihan akan lebih kental atau juga tidak ada keputihan yang keluar.

  • Hari ke 28

Hormon estrogen akan menurun tidak ada pembuahan dan akan terjadi menstruasi di esok harinya, dan begitu lah proses dan cara menghitung masa subur akurat.

Cara Menghitung Masa Subur Akurat


=====================================

>>> Alat Uji Masa Subur Ovutest Scope, Cukup Satu Alat Untuk Seumur Hidup! Hasil 98% Akurat dan Cepat, Lebih Praktis Hanya Dengan Air Liur, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Cara Menghitung Masa Subur and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.